Dapur Si Nenek Adalah Situs kuliner dengan berbagai macam Resep masakan Khas indonesia. membedah bumbu-bumbu dan Rempah-rempah masakan baik masakan tradisional dan modern. Temukan segala Resep masakan dan Minuman Terlezat anda !

Cara Mudah Membuat Ayam Goreng Kalasan Yang Enak

DAPUR SI NENEK Berbicara tentang Cara Mudah Membuat Ayam Goreng Kalasan Yang Enak  tentu kita akan langsung tahu bagaimana meresapnya bumbu-bumbu ke dalam daging dengan ciri khasnya yang paling spesial yakni tekstur daging yang empuk. Selain itu ciri khas ayam goreng ini adalah dan citarasanya sangat kental dengan jogja. Ya karena memang ayam goreng kalasan ini berasal di salah satu daerah di kota jogja yakni kalasn. persis seperti nama tempatnya ayam goreng ini sangat kental dengan nuansa tradisionalnya.
Image result for cara membuat ayam goreng kalasan 

Nah kenapa si ayam goreng kalasan ini begitu terkenal akan kelezatan, Rasa dari bumbu bisa meresap kedalam daging ayam yang empuk ? jawabannya relatif mudah karena memang resep ayam ini sangat mudah di pelajari. inti dari Si ayam goreng kalasan ini adalah membuat teksurnya empuk. maka dari itu bahan ayam yang di gunakannya pu berbeda dengan ayam goreng lain. karena si ayam goreng kalasan ini selalu identik dengan penggunaan daging ayam kampung. kenapa ayam kampung ? karena memang si ayam kampung ini memiliki tekstur yang pas, tidak keras dan tidak lembek.

Ciri khas ayam kalasan adalah Sebelum di goreng, si ayam kampungnya terlebih dahulu di masak bersama dengan bumbu-bumbu dan santan atau air kelapa. jadi si ayam ini sebenarnya sudah matang ketika kita merebisnya dengan santan. kemudian masih di goreng lagi. jadi memang benar-benar empuk. selainitu ciri khas santan adalah gurih jadi si ayam kalasan ini juga identik dengan rasa gurih. 

 Resep Ayam Goreng Kalasan Asli Spesial

Secara umum , Bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak ayam kalasan sebenarnya merupakan bumbu dasar seperti ayam biasa, hanya saja memiliki cara masak yang sangat berbeda. nah yang paling unuk adalah Beberapa resep ada yang menyertakan soda kue saat merebusnya.Ditambah lagi dengan sambal khas yang menggugah selera. sambal ini sangat identik dengan nuansa jogja yakni sambal yang tidak hanya pedas tapi juga memiliki aroma yang sedap untuk teman makan si ayam kalasan ini. Nah untuk lebih jelasnya kita akan membahas bersama-sama tentang cara membuat ayam kalasan ini dari enol hingga komplit seperti saat kita beli di warung kalasan asli. apa saja yang di perlukan ? berikut Rahasia Resepnya :


Bahan-bahan Resep Ayam Goreng Kalasan Asli


    1 ekor daging ayam kampung, potong 4
    2 sdm perasan jeruk nipis
    1 sdt garam
    2 btg serai, memarkan
    2 lbr daun salam
    4 lbr daun jeruk
    santan dari 1 butir kelapa, gunakan air kelapa untuk membuat santan
    minyak goreng yang banyak

Bumbu Halus

    6 siung bawang merah
    4 siung bawang putih
    5 btr kemiri
    2 cm lengkuas
    2 cm jahe
    2 cm kunyit
    2 sdt ketumbar
    2 sdt gula jawa

Bahan Sambal

    10 bh cabe merah, buang biji
    5 siung bawang merah
    2 siung bawang putih
    1 bh tomat, potong dadu
    1 sdt gula jawa
    1 sdt terasi
    1/2 sdt garam

Sayuran Pelengkap

    Irisan mentimun
    Irisan tomat
    Kol
    Selada

Cara Membuat Ayam Goreng Kalasan Yang Lezat
 

1. Pertama-tama silahkan anda Bersihkan daging ayam dengan cara di cuci bersih. kemudian Lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. selain itu Lumuri juga dengan bumbu yang dihaluskan sambil agak diremas-remas. kemudian Diamkan beberapa saat.

2. Selanjutnya silahkan Rebus daging ayam dalam santan, tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai. Tutup panci dan rebus ayam hingga matang dan santan menyusut. (untuk tanda ayam sudah matang , silahkan anda bisa cek dengan garpu dengan cara di tusuk) 

3. Silahkan Angkat ayam dan tiriskan. 

4. Langkah selanjutnya silahkan Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. silahkan Angkat dan kemudian di tiriskan. 

5.Cara Membuat sambal, Siapkan bahan mentah lumuri dengan kaldu ayam tadi, Silahkan goreng semua bahan sambal. lalu tiriskan dan selanjutnya di uleg. kemudian silahkan disajikan

Demikian langkah-langkah Cara Mudah Membuat Ayam Goreng Kalasan Yang Enak  jika ada pertanyaan Seputar ayam Goreng kalasan Silahkan berkomentar dibawah !

G+

0 Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Ayam Goreng Kalasan Yang Enak "

Back To Top